Sepintas Hunian Tropis Minimalis


Saudara-saudari yang dirohmati Alloh SWT.. saiki takmbahas rumah yang sekarang lagi ngetrend.. lagi boming lan lagi pasaran.. yokuwi rumah model minimalis... Nah sekarang tak mbahas lebih mengarah apa yang disebut Tropis Minimalis..
Sebagai orang civil engineering yang konsenstrasi di struktur bangunan, rumah minimalis bisa dipahami minimal dalam aplikasi struktur penunjang, atau bangunan itu mengandalkan struktur utama yang laik secara efektif, dimensi yang diperkecil atau penggunaan bahan dengan penampang - bobot efisien dan low cost (biaya) tentunya. (PakGoh Theory, belum diuji -penulis)
Lha faktanya... arsitek mengatakan model minimalis, tapi rumah 100m2 saja habis 300 - 600 juta! Lha minimalisnya dimana???? Lha wong ternyata exteriornya penuh ornamen yang meriah dan berbahan mahal.... bahkan tingkat pengerjaannya cenderung sulit otomatis biaya konstruksinya mahal..
Konsep simple atau minimalis akhire jatuh cost nya tinggi. Ndak layak disebut minimalis...
Salah kaprah (menurut PakGoh)... Bahkan konsep minimalis akhir2 ini ujungnya Not Safety!!!
Ingat.. penelitian pakar Gempa Indonesia yang lulusan Jepang mengatakan mayoritas bangunan properti di Indonesia not safety terhadap gempa. Artinya begitu ada gempa, maka penyaluran energi besar akibat beban gempa tidak sebagaimana mestinya. Struktur tidak rigid bahkan cenderung gagal dalam penyaluran beban balok-kolom-pondasi. Contoh 1 saja... silakan amati rumah dengan desain jendela kaca sudut.. kemudian coba periksa bagaiman perletakan kolom baloknya...
Nahh... ternyata mbangun omah itu ndak cukup dari sisi artistiknya saja... sisi teknis harus anda perhatian.. ingat bangunan atas Anda bebannya berton-ton.. dan itu harus dipikul konstruksinya untuk kemudian disalurkan ke bumi... Pripun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESAIN MUSOLA MODERN DI KABUPATEN BLITAR

Desain tempat ibadah kaum Muslimin sebenarnya tidak ada panduan baku, setiap daerah, dan jaman mungkin ada perbedaan corak, model dan karakt...

Popular Posts