Islamic Center, Memadukan Masjid dengan Perpustakaan

Umumnya, Panitia Pembangunan Masjid menghendaki Masjid is Masjid.. cuman sekedar tempat sholat.. atau aktivitas ibadah mahdloh..selesai..; Dari historis sejarah sering dilupakan, bagaimana Rosululloh saw menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas dalam mencerahkan dan mengelola masyarakat. Bagaimana semua persoalan keummatan bisa di bahas, digodog dan ditemukan solusi sering kali malah di masjid. Dari urusan ibadah, urusan keluarga, urusan pertanian, urusan sosial, urusan keamanaan hingga urusan perekonomian. Begitu pula sepeninggal Rosululloh saw, dimana para ulama menjadikan masjid sebagai maktabah (perpustakaan) dan pengkajian kitab-kitab Islam.
Maka menjadikan Masjid sebagai ISlamic Center adalah gagasan tepat. Jadi semua kegiatan atau aktivitas keIslaman dikembalikan ke masjid. Untuk itu utilitas masjid yang mendukung fungsi tersebut harus tersedia. Saya ndak tahu, apakah ini nanti tema-nya Islamic Center, yang jelas bangunan ini memang sepintas dari luar masjid. Namun tidak hanya sebagai masjid yang kita pahami sebagai tempat sholat semata. Maka gedung 2 lantai ini terintegrasi Masjid dan Perpustakaan. Bukan karena berada di kompleks pesantren. Namun ide ini paling tidak menyadarkan alam bawah sadar kita. Kayaknya bikin masjid mesti begitu deh...
Fasade tampak masjid ini, maunya, model minimalis kontemporer. Pernah melihat Masjid Al Irsyad Di Parahyangan Bandung???? MAsjid fenomenal itu mendapat penghargaan karena bentuknya yang unik, artistik dan penuh filosofi.
Berangkat dari situ, saya mencoba menarik benang merah. Bentuk masjid atau Islamic Center, ndah harus begitu dan begini. Bebas... Karena dalil yang menunjukkan mbangun masjid mesti ada kubah atau apalah, ndak ada. Itu hanya budaya yang memberi pengayaan pada khasanah Islam, tanpa merubah ajaran Islam itu sendiri. Karena urusan artistik bangunan, ISlam tidak memberi batasan, selama tidak ada kesan pada kesyirikan.
Berdasarkan paparan ahli konstruksi, bentuk kubah lengkung memang punya keuntungan menjangkau jarak bentang lebih jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESAIN MUSOLA MODERN DI KABUPATEN BLITAR

Desain tempat ibadah kaum Muslimin sebenarnya tidak ada panduan baku, setiap daerah, dan jaman mungkin ada perbedaan corak, model dan karakt...

Popular Posts