Ruko 2 Lantai, di Lahan Tak Beraturan

Pemirsa !!! 
Kali ini PakGoh akan membahas proyek saya yg berada di Kediri lagi..
Yakni bangunan berupa Rumah Toko, atau Ruko 2 Lantai yang berlokasi di Jalan Pemuda, Desa Gempolan, Kecamatan Gurah, Kediri... (Yang dari Kediri mana suaranyaaa????) wis..wiss... iki dudu' acarane Tukul Arwana... dadi ora bakal masuk tipii..
Pemiliknya Bapak Gunawan dan Ibu Yuliani,  kalau pak Gunawan ini praktisi geologi asli Makasar.. sedangkan Ibu Yuliani ibu rumah tangga, yang mungkin ingin berinvestasi atau  berbisnis dengan membangun ruko terlebih dahulu sebagai tempat usahanya.

Berada dilahan yang boleh dibilang tak simetris, yang mana sudut-sudut geometri lahannya tidak siku 90%, (silakan di pirsani gambar dibawah)



Maka pakGOh mengambil inisiatif mengambil sisi yang mendekati tegak lurus terhadap arah ruas jalan. Ternyata didapat luas maksimal untuk bangunan dan space lahan yang masuk akal.
Oke pemirsa?? (Okeeee…)
Ruko ini  berukuran  7x12 m2, dengan bentang struktur maksimal 7 M. Maka,  ditentukan dimensi kolom struktur untuk lt1 à lt 2 berukuran 40x60 cm, dengan balok utama 40x60 cm juga. Kemudian kolom di lantai 2 hingga ring balok (rooftop)  dibuat 30x30 cm, karena talangnya  menggunakan system konsol, sehingga atap perisai bertumpu pada ujung-ujung konsol tersebut… Untuk atap dibuat rangka baja  ringan, dengan penutup berupa genteng metal gala-zincalum,   (koyo… sopo kuwi adike Mandra sing ndoweh karo ngomong Mantaaaap..). Konvigurasi dibuat perisai, supaya masih ada kesan cantik kalao dilihat dari atas (emang siapa yang mau lihat dari atas? Gatotkaca?? Superboy? Atau iron Man?.. ya ndak tahu,  barangkali pemirsa kalau jalan2 ngojek helicopter kan bisa  lihat2 dari atas) Ya Atap Perisai kan mempunyai space  dibawahnya cukup lega, sehingga bisa mendisipasi panas. Sehingga  suhu ruangan diharapkan tetap sejuk, gittuuuuww....






Exterior dibuat aliran minimalis. Ada balkon  yang bisa dimanfaatkan untuk kongkow2 nonton orang lewat sambil menikmati udara segar, apalagi arah bangunan ini tidak langsung membelakangi atau menghadap arah perputaran matahari.
Sisi samping bangunan yang ada lahan, bisa dimanfaatkan untuk taman, atau akses ke sisi lain bangunan, dengan  pintu regol kombinasi rangka besi hollow dengan fencing dari kayu jati di plitur…
Wis, ra usah “save image”.. langsung di pirsani dan di tonton… jangan lupa, camilan keripik  singkong plus banyu towo…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Fasad Pagar simple namun elegan Permintaan desain dari seorang yang mempersiapkan masa pensiun 6 tahun mendatang, untuk tinggal di Kabupat...

Pages