Desain Mushola/Langgar Wakaf Subulussalam Tulungagung







Mengapreasiasi keluarga besar yang berada di Desa Gilang, Ngunut, Tulungagung, yang mana langgar/mushola peninggalan almarhumah mbah Situk, dirasa kurang reseprensentatif dalam menampung kegiatan ibadah rutin maupun acara-acara keagamaan lainnya.


Dengan adanya penambahan luasan tanah wakaf dari salah seorang ahli waris mbah Situk yang berada disebelah utara berkisar 3 meter. Maka direncanakanlah mushola ini dengan luasan  dalam 8,5 x 8,5 meter.


Mushola ini didesain 2 lantai dengan memberi gaya minimalis modern pada exteriornya. Kolom2 penyangga atap teras di bungkus dengan ornamen batu andesit yang diperbesar  yang memberi kesan dinding. 


Meningat lahannya yang terbatas, dan posisi yang bersinggungan langsung dengan jalan desa, maka pada sisi-sisi luar mushola dibuat wadah tanaman-tanaman pelindung, yang mengurangi panas , hempasan angin dan debu dari jalan raya.


Interior dibuat dengan mengaplikasikan material-material yang "kalem" dan mampu menahan panas dari luar. Maka dipilihlah batu paras pada sisi dinding kiblat. Untuk menambah penerangan,  maka dibuat jendela-jendela dengan dimensi tingginya yang lumayan, dan untuk memasok udara segar ditambah lubang angin roaster pada dinding atas nya.


Pada lantai 2 didesain tidak terlalu luas. atau penuh, mengingat dalam kesehariannya jumlah jamaah yang ada tidak sebanyak tatkala Romadhon maupun sholat ied. Maka Lantai 2 difungsikan sebagai ruangan kelas TPQ/Diniyah.
Penggunaan atap woodplank dengan finising politur dan list gypsum, memberi kesan "exclusive", dibanding masjid2 ditempat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESAIN MUSOLA MODERN DI KABUPATEN BLITAR

Desain tempat ibadah kaum Muslimin sebenarnya tidak ada panduan baku, setiap daerah, dan jaman mungkin ada perbedaan corak, model dan karakt...

Popular Posts